Jumat, 27 September 2013

Pengertian dan Sejarah Teknologi Handphone

Pengertian dan sejarah teknologi handphone - Ponsel, telepon genggam atau handphone adalah perangkat komunikasi jarak jauh yang memiliki fungsi dasar sama seperti telepon konvensional atau yang biasa disebut telepon kabel, akan-tetapi handphone bersifat mobile (bisa dibawa kemana-mana). Secara umum termasuk dalam golongan gadget atau handset. Di Indonesia sendiri handphone telah memanfaatkan dua model jaringan yakni GSM serta CDMA. Sistem pada HP pertama kali ditemukan oleh seorang pria yang bekerja di Motorola yakni Martin Cooper pada 03 April tahun 1973. Versi lain meyakini bahwa yang menemukan adalah sebuah tim dari sebuah divisi perusahaan Motorola, yang mana divisi tersebut merupakan tempat dimana Martin bekerja, dengan tipe pertama berjuluk DynaTAC. Isu yang di angkat Martin Cooper pertama kali adalah sebuah perangkat komunikasi mini, bisa di genggam serta fleksibel dibawa kemanapun orang akan pergi. Pengertian ini di ambil dari penjelasan para ahli yang tertera pada laman Wikipedia.

Gambar handphone jadul

Dari pengertian dan sejarah teknologi handphone tersebut diharapkan dapat memperkaya khasanah pengetahuan kita. Selain juga bisa menjadi landasan dalam menentukan jenis handphone yang dirasa cocok sebagai perangkat bantu kita sehari-hari. Sering kita temui para calon pengguna atau bahkan kita sendiri, yang kebingungan tatkala ingin membeli sebuah ponsel. Fenomena ini cukup unik karena tidak hanya terjadi pada seseorang dengan budget pas-pasan yang memang dalam kondisinya tersebut tidak mempunyai banyak pilihan, akan-tetapi juga terjadi pada orang-orang dengan budget berlebih yang mampu membeli ponsel sesuai tipe yang di inginkan, tanpa khawatir kekurangan dana. Rasanya cukup bisa dimaklumi karena realita pasar handphone saat ini yang tumbuh begitu pesat dengan banyaknya produsen ikut bermain, dimana masing-masing produsen tersebut acapkali meluncurkan HP yang mempunyai kemiripan satu sama lain. Baik dari sisi desain (tampilan), spesifikasi ataupun harga yang hanya beda tipis dengan pesaingnya. Cukup membingungkan. Pada situasi ini, kejelian dalam mengidentifikasi kebutuhan kita akan sebuah HP mutlak dilakukan. Jangan sampai di kemudian hari muncul penyesalan hanya karena perangkat yang kita beli tidak sesuai dengan keinginan.

Kita tahu saat ini handphone telah menjadi barang yang sangat populer di tengah-tengah masyarakat. Kehadirannya sebagai perangkat genggam yang mobile cukup membantu dalam hal komunikasi. Harga yang di tawarkan sebuah HP biasanya akan sejalan dengan spesifikasi yang diembannya. Selain dari sisi harga, bagian-bagian seperti luas layar, memori, sensor kamera serta konektivitas merupakan fasilitas yang mendapat perhatian penuh saat seseorang ingin membeli sebuah handphone. Mengikuti perjalanan waktu, dewasa ini HP telah mengalami perluasan fungsi atau manfaat. Bila dahulu berfungsi efektif dalam menjembatani komunikasi jarak jauh, kini telah hadir fasilitas lain di dalamnya. Fitur-fitur tersebut seringkali justru menjadi daya tarik utama. Sebut saja kamera, internet, game, GPS, TV serta beragam fitur lain yang sering dijadikan obyek buruan para calon pengguna. Hal tersebut sengaja kami angkat dalam tema pengertian dan sejarah teknologi handphone kali ini karena telah menjadi fenomena yang menarik untuk dicermati.

Pengertian dan Sejarah Teknologi Handphone

Uniknya lagi, banyak dari calon pengguna yang beberapa diantaranya justru terkesan mengesampingkan fungsi utama sebuah HP. Asal bisa untuk bermain game (gaming) atau cepat dalam akses internet, fasilitas telepon serta perpesanan seolah menjadi nomor sekian dari daftar spesifikasi yang di incar. Lebih jauh lagi, pengembangan teknologi handphone telah mencapai puncaknya. Kehadiran ponsel pintar (smartphone) serta tablet menjadi suatu bukti kecanggihan teknologi komuniksi pada perangkat berbasis ponsel saat ini. Seperti pada HP, tablet juga mempunyai sistem kerja yang sama. Keduanya dijalankan oleh sebuah program (software) yang kita kenal dengan sebutan sistem operasi. Contoh sistem operasi pada handphone serta tablet yakni Android, iOS (Apple), Windows Mobile, Symbian, Java, Blackberry, Firefox serta Sailfish. Semua nama ini bertugas untuk mengeksekusi perintah pada perangkat berbasis ponsel. Bagaimana, sudah ada bayangan? Semoga apa yang kami sampaikan dalam postingan pengertian dan sejarah teknologi handphone ini menjadi informasi yang bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar