Sabtu, 23 Maret 2013

Makalah Teknologi Pendidikan Terbaru 2014

Pendidikan merupakan faktor penting yang turut membentuk karakter serta kepribadian seseorang. Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang maka semakin tinggi pula pengetahuan atau wawasan, daya kognitif serta derajatnya di mata masyarakat sekitar. Untuk yang terakhir kita ambil contoh pada masyarakat Indonesia dimana pendidikan belum sepenuhnya dapat dinikmati oleh semua golongan yang ada. Dalam sekup yang lebih luas peran pendidikan baik formal maupun non-formal sangat strategis untuk memajukan sebuah negara. Kemakmuran suatu negara biasanya berbanding lurus dengan pendidikan yang unggul berikut kualitas output yang telah dihasilkan oleh negara tersebut. Finlandia dan Korea Selatan adalah negara-negara yang berhasil mengelola pendidikan mereka dengan baik & menjadi rujukan bangsa-bangsa diseluruh dunia. Hebat bukan? Itulah tadi fakta-fakta menarik seputar dunia pendidikan sebagai penghantar tema kita kali ini yaitu makalah teknologi pendidikan terbaru 2014.

Makalah Teknologi Pendidikan Terbaru

Artikel atau makalah teknologi pendidikan terbaru 2014 mencakup berbagai hal dalam ruang lingkup dunia pendidikan. Sejarah serta perkembangan teknologi pendidikan itu sendiri sangat erat berkaitan dengan perjalanan suatu bangsa. Semua negara di dunia memiliki dinamika tersendiri. Semenjak orang mengetahui sistem pendidikan, teknologi di bidang pendidikan telah dijadikan dasar untuk mendukung sistem pendidikan. Pada masa pertengahan Islam misalnya, Irak telah memiliki Madrasah Nizamiyah di kota Bagdad. Teknologi pendidikan juga telah ada di era Aristoteles. Akademia serta Lyceum adalah suatu bukti bahwa penataan dalam kegiatan belajar-mengajar telah ada di masa itu meski masih menggunakan media sangat sederhana. Contoh lain dapat kita temukan di barat pada zaman Skolastik yang populer mengembangkan sebuah sekolah yang diperuntukkan bagi biarawan / biarawati.

Pengertian teknologi pendidikan secara umum dapat kita maknai sebagai sebuah upaya sistematis dalam rangka efektivitas pembelajaran yang meliputi aspek fisik ataupun non-fisik mulai dari perancangan, pelaksanaan, pengawasan serta evaluasi dari seluruh proses belajar-mengajar. Lebih luas lagi teknologi pendidikan memuat semua elemen yang saling terkait satu sama lain. Dengan cara belajar baik bersumber artikel penelitian maupun terjun langsung ke negara yang lebih maju dalam hal pendidikan serta mengetahui karakter sasaran didik maka target yang diharapkan bisa terpenuhi dengan menggunakan infrastruktur yang ada.

Saat ini teknologi pendidikan telah begitu canggih. Sejalan dengan waktu proses pembelajaran mengalami perkembangan yang sangat mengagumkan. Bila sebelumnya orang kesulitan untuk menemukan sumber bacaan berbentuk tulisan (buku) dan praktis hanya mendapatkan ilmu dari pemateri langsung (tatap muka) dengan guru di sekolah maupun madrasah mereka, kini semuanya telah berubah. Proses belajar bisa sangat mudah dan dapat dilakukan dimana saja, kapan saja. Kehadiran berbagai media terbaru telah merubah semuanya. Meski hampir semuanya tak gratis setidaknya dapat dinikmati dengan biaya yang terjangkau oleh semua kalangan, terutama untuk sejenis surat kabar (koran). Contoh yang lain adalah hadirnya media online seperti internet. Melalui fasilitas ini semua informasi bisa di akses secara cepat dengan mengambil data dari blog ataupun situs-situs yang telah terindex oleh mesin pencari seperti Google.

Konten semacam artikel, makalah, e-book dll bisa kita dapatkan dengan mudah. Bahkan saat ini telah banyak lembaga-lembaga pendidikan yang memanfaatkan media online untuk memaksimalkan proses belajar-mengajar. Mereka mengadopsi program seperti e-learning untuk menjembatani antara guru dan murid. Melalui aplikasi ini kegiatan-kegiatan di sekolah seperti mengirim tugas, transfer bahan atau materi pelajaran terbaru bisa dilakukan dari mana saja. Hal ini tentu semakin memantabkan peran teknologi pendidikan yang sangat penting dari waktu ke waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar