Kamis, 13 Desember 2012

Perkembangan Teknologi pada Mesin Produksi

Sebagai negara berkembang dengan laju pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi, Indonesia sangat berkepentingan untuk menambah, memperbaiki ataupun modernisasi teknologi. Hal ini mutlak dilakukan guna mempercepat proses pembangunan di segala bidang tak terkecuali dalam ruang lingkup industri. Dewasa ini,  beraneka jenis usaha dari yang sekupnya kecil seperti industri rumah tangga sampai pada level menengah dan tinggi sebutlah pabrik makanan dan minuman, es batu, roti, kopi, karet, kayu, mesin bubut, perusahaan kertas, plastik, rokok, otomotif dan masih banyak lagi. Berbagai macam usaha tersebut bertebaran di seluruh wilayah negeri yang dalam perjalanannya berkaitan erat dengan perkembangan teknologi pada mesin produksi saat ini.

Perkembangan Teknologi pada Mesin Produksi

Pengertian teknologi pada mesin produksi mengandung arti peralatan serta teori atau kiat-kiat guna memproduksi dan menghasilkan suatu produk baik berupa barang maupun jasa. Di masa lampau manusia telah berhasil mengolah bahan-bahan yang bersumber dari alam meski dengan sumber daya manusia yang terbatas. Menggunakan teknologi sederhana (seadanya) dan membutuhkan tenaga yang besar namun mereka hanya mendapatkan hasil yang sangat minim. Seiring perkembangan zaman, teknologi industri turut mengiringi dengan kemajuan yang sangat menggembirakan. Berbagai penemuan sangat membantu dalam modernisasi pengolahan bahan. Peralatan canggih yang terintegrasi dengan perangkat komputer telah merubah sistem manual menjadi serba otomatis.

Kini, berbekal peralatan yang serba modern tersebut semua aktifitas produksi bisa dirampungkan relatif cepat, efektif dengan hasil output yang maksimal. Untuk industri barang, perkembangan teknologi pada mesin produksi saat ini memungkinkan untuk membuat produk beraneka ragam yang masing-masing dapat di seting atau di atur dalam jumlah yang banyak (massal). Namun demikian, keberadaan manusia tetap dibutuhkan sebagai fungsi kontrol. Secanggih apapun perangkat komputerisasi mesin, manusia adalah operator utama yang memegang peran inti. Seseorang harus menguasai terlebih dahulu disiplin ilmu dalam hal ini adalah tekhnik mesin sebelum terjun mengoperasikan mesin. Baik di SMK maupun perguruan tinggi, pemerintah telah menyiapkan tenaga-tenaga ahli yang nantinya akan menangani urusan ini dengan ribuan lulusan setiap tahunnya.

Perkembangan teknologi pada mesin produksi telah kita rasakan manfaatnya. Telah banyak pencapaian yang meliputi bermacam-macam industri dari berbagai aspek kehidupan. Dari kebutuhan dasar manusia seperti makanan, tempat tinggal (perumahan), pakaian (tekstil), kesehatan (farmasi), semua telah memanfaatkan teknologi mutakhir dalam proses pembuatannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar